Sejarah Dinas Perindustrian Provinsi Riau

SEJARAH DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI RIAU

Pada Era Orde Baru dan Orde Reformasi instansi yang membidangi Perindustrian & Perdagangan masing-masing masih berdiri sendiri yaitu Kanwil Departemen Perdagangan Provinsi Riau yang beralamat di jln. Pepaya No. 63 Pekanbaru, Kanwil Departemen Perindustrian Provinsi Riau dan Dinas Perindustrian Provinsi Riau yang beralamat di Jln. Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Setelah ditetapkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah merupakan awal dimulainya Era Otonomi Daerah, dimana pembinaan dan pengembangan dibidang industri dan perdagangan di Provinsi Riau kemudian diintegrasikan antara Instansi Kantor Wilayah Departemen Perindustrian, Kantor Wilayah Departemen Perdagangan dan Dinas Perindustrian Provinsi Riau menjadi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau yang ditetapkan oleh Peraturan Daerah Provinsi Nomor 9 Tahun 2001 tentang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas.

Terhitung pada April Tahun 2009 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau yang biasanya berkantor di jln. Pepaya No. 63 Pekanbaru, Pindah ke Gedung Menara Lancang Kuning Lt.5 Jln. Jend. Sudirman No. 460 Pekanbaru.

Selanjutnya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Riau, terdapat sebanyak 31 Satuan Kerja (Satker) masuk dalam topologi A, dan 4 Satuan Kerja (Satker) yang masuk dalam topologi B, Dinas Perindustrian Provinsi Riau bertipe A berdiri sendiri, sedangkan Perdagangan Koperasi bertipe B bergabung dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau menjadi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau.